4 Kaki Tambahan Milik Bayi Berkaki 6 Berhasil Berhasil Diangkat



4 Kaki Tambahan Milik Bayi Berkaki 6 Berhasil Berhasil Diangkat [ www.BlogApaAja.com ]

Bayi berkaki 6 yang lahir di Pakistan berhasilmenjalani operasi pengangkatan 4 kaki tambahannya. 4 kaki tambahan itumerupakan kaki dan tangan dari kembarannya yang tidak berkembang dengan baikdan kemudian menempel pada tubuh si bayi.

Seperti diberitakan sebelumnya, bayi laki-lakiyang baru berusia 1 minggu ini diyakini awalnya merupakan janin kembar daripasangan yang menikah sepupu.

Sayangnya, salah satu kembaran lahir secaraprematur dan tidak berkembang secara sempurna. Tim operasi yang terdiri dari 5orang dokter berjuang untuk menyelamatkan sang bayi di National Institute ofChild Health (NICH) di Karachi, Pakistan.

"Kelahiran abnormal yang diakibatkanpenyakit genetik hanya terjadi 1 dari satu juta kelahiran bayi atau lebih. Bayiabnormal dengan enam kaki ini pada dasarnya bisa menjadi normal sepertianak-anak lainnya," kata Kepala NICH, Jamal Raza seperti dilansir DailyMail.

Sebelum ahli bedah dapat mengoperasi bayi,para dokter harus berusaha menemukan kaki mana milik sang bayi sendiri danmanakah milik saudara kembarnya.

Untuk memastikannya, dokter harus memeriksadarah sang bayi, juga melakukan scan MRI dan CT scan sebelum dapat memutuskanakan melakukan operasi. Operasi berlangsung selama 8 jam dan dilakukan secarabertahap.

Saat ini, si jabang bayi telah berada disebuah bangsal unit perawatan intensif sejak dilahirkan pekan lalu. ImranShaikh, ayah sang bayi yang tinggal di Sukkur, mengatakan dia bersyukur anaknyamendapat perawatan yang tepat dan intensif.

"Kami adalah keluarga miskin. Sayaberterima kasih kepada pemerintah dan para dokter karena membantu mengoperasibayi kami," kata Shaikh.

Shaikh sebelumnya telah membuat permohonanbantuan kepada pemerintah dan badan amal di Pakistan. Ia mengaku tidak mampumengunjungi Karachi agar bayinya yang malang tersebut mendapat perawatan yangmemadai.

Shaikh dan istrinya telah tinggal di kotaSukkur di Pakistan selama 4 tahun. Kota ini berjarak sekitar 280 km dariKarachi, ibukota Paksitan. Istrinya saat ini dikabarkan sudah pulih setelahmelahirka dan dalam kondisi kesehatan yang baik.

Istri Sheikh yang yang juga merupakansepupunya ini belum mampu melakukan perjalanan untuk menengok bayinya karenasempat melakukan persalinan lewat operasi caesar. Pasangan ini berencanamemberi nama anaknya Umar Farooq.

Departemen kesehatan setempat mengatakan bahwapihaknya sedang memeriksa apakah sang bayi memerlukan perawatan lebih lanjutagar dapat hidup normal.


Follow On Twitter