Ini Dia Perangkat Komunikasi Sukhoi Yang Ditemukan Tim Evakuasi



Ini Dia Perangkat Komunikasi Sukhoi Yang Ditemukan Tim Evakuasi [ www.BlogApaAja.com ]

- Tim evakuasi menemukan perangkat komunikasi Sukhoi Superjet 100. Alat-alat itu terdiri dari beberapa kotak berwarna silver. Ada juga benda kecil berwarna oranye dan hitam. Pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memastikan bahwa benda tersebut alat komunikasi.

"Ini adalah perangkat komunikasi, terminal komunikasi, alat sinyal," kata Ketua KNKT Tatang Kurniadi kepada wartawan di Posko Cipelang, Cijeruk, Senin (14/5/2012).

Alat yang diambil dari reruntuhan Sukhoi itu total ada 6 buah. Alat itu dijejerkan di sebuah meja. Alat itu ditunjukkan ke Kepala Basarnas Daryatmo dan juga Tatang, setelah dibawa dari lereng Gunung Salak.

Benda itu dicek untuk memastikan apakah ada di antaranya yang merupakan black box yang berwarna oranye. Alat itu ditemukan di dasar jurang, setelah tim evakuasi melakukan pencarian.

Tatang juga menjelaskan, dari peralatan itu juga terdapat Emergency Locator Transmitter (ELT), alat yang seharusnya menyala apabila terjadi sesuatu. Namun untuk Sukhoi, alat tidak menyala.

"Ini alat sinyal, ELT yang kenapa nggak bunyi, masih pake frekuensi VHF. ELT ini jadi tidak bunyi karena terhalang bukit," terangnya.

Alat komunikasi ini ditemukan setelah tim evakuasi melakukan pencarian intensif. "Ditemukan tadi malam," tuturnya.


Follow On Twitter